1.
Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi cerita
-
Memprediksi kejadian berkaitan
dengan isi bacaan dengan cara memperkirakan akibat dari suatu perbuatan/
kejadian sesuai dengan isi bacaan.
Contoh soal:
Andi pandai bermain catur. Andi sering mewakili sekolahnya dalam setiap
perlombaan catur. Dia selalu menjadi juara. Oleh karena itu, dia menjadi bintang
olahraga di sekolahnya.
Predikasi
sesuai dengan prestasi Andi adalah . . . .
A. Andi selalu didukung sekolahnya dalam mengembangkan bakatnya bermain
catur.
B. Andi menjadi bintang olahraga di sekolahnya karena pandai bermain tenis
meja.
C. Andi tidak pernah mendapat juara saat mewakili sekolahnya dalam setiap
kejuaraan catur.
D.
Andi sangat mungkin menjadi atlet catur nasional.
Jawaban
D
-
Jika dilihat dari kepandaian Andi
dan kompetisi yang dimenangkannya, maka dimungkinkan suatu saat Andi akan
menjadi atlet catur nasional.
2.
Menentukan nilai moral positif dalam cerita
-
Nilai moral positif sama dengan
amanat/ pesan/ keteladanan yang diperoleh dari isi cerita
Contoh
soal:
Hari ini cukup banyak pembeli datang. Perkataan
kami yang sopan dan ramah membuat pelanggan betah berlama-lama di toko.
Tentunya mereka membeli dengan jumlah yang banyak. Sesekali terdengar sekilas
pembicaraan pelanggan. Mereka mengatakan bahwa toko kami unik. Kami melayani para pembeli dengan ramah.
Nilai moral positif dalam cerita di atas adalah ….
A.
Pelanggan yang betah berlama-lama di
toko menandakan bahwa toko tersebut laris.
B.
Keramahan pemilik toko akan membuat banyak pembeli datang.
C.
Sopan dan santun dibutuhkan di mana
saja.
D.
Toko yang baik adalah toko yang
laris.
Jawaban B
-
Di dalam bacaan diceritakan bahwa
banyak pembeli datang ke toko dan mereka membicarakan tentang keramahan para
pelayan toko sehingga mereka betah berlama-lama di sana dan membeli dalam
jumlah banyak.
3.
Menentukan kesimpulan cerita
-
Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan
kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.
Contoh soal:
Semua
prestasi Sony tersebut tentu saja diawali
oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan
semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan
yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa
menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
Kesimpulan isi
bacaan tersebut adalah …
A. Setiap orang memiliki bakat terpendam yang
hebat.
B. Prestasi
dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.
C.
Dorongan
orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
D.
Kebahagiaan
bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.
Jawaban
B
-
Bacaan di atas menceritakan Sony
yang memiliki prestasi dalam bidang menulis. Prestasi Sony diraih tidak hanya
karena bakat dan dorongan orang tua, tetapi juga oleh perjuangan, ketekunan,
dan kemauan yang kuat.
4.
Menentukan maksud syair
-
Syair adalah puisi lama atau karangan
dalam bentuk terikat yang
mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri
dari 4 baris, berirama aaaa, keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair.
-
Maksud syair adalah pesan atau amanat, yaitu tujuan yang hendak dimaksud penyair dalam menciptakan syairnya.
Pesan penyair dapat ditelaah setelah memahami tema dan suasana syair dengan
membaca keseluruhan syair.
Contoh
soal:
Hidup jangan lengah sesaat
Apalagi hati telah berkarat
Bersegeralah engkau taubat
Perbanyak istighfar dan sholawat
Maksud syair di atas adalah ….
A.
Kita harus memperbanyak dzikir
supaya hati tidak berkarat.
B.
Nasihat supaya kita segera bertaubat karena lalai dan dosa.
C.
Jika ingin bertaubat maka harus memperbanyak
istighfar dan sholawat.
D.
Karat yang ada di hati harus segera
dibersihkan.
Jawaban B
-
Isi syair di atas adalah sebuah
nasihat kepada kita supaya jangan lalai dalam hidup. Apalagi sampai banyak
dosa. Jika demikian, maka kita harus segera bertaubat dengan memperbanyak
istighfar dan sholawat.
5.
Menentukan makna kata kias pada syair
-
Sesuai arti kata atau persamaan kata
Contoh
soal:
Makna
kata “lengah” pada syair di atas adalah ….
A.
lalai
B.
sedih
C.
ragu
D.
berdosa
Jawaban A
6.
Melengkapi teks percakapan
-
Melengkapi teks percakapan dengan
cara memperhatikan dialog yang diucapkan oleh tokoh pada dialog sebelum dan
sesudah, dan memperhatikan topik percakapannya.
Contoh
soal:
Vivi
: ”Nik,apa kamu sudah mengumpulkan
NISN?”
Nonik
: ”...”
Vivi
: ”Aku sudah, kebetulan data NISN ku di website ada.”
Nonik
: ”wah
enak ya, aku masih bingung ni, kata
Pak Udin kan NISN untuk syarat ikut
ujian.”
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah . . .
A.
Sudah
dong, kemarin. Kalau kamu?
B. Belum, datanya sulit sekali dicari. Kalau kamu?
C.
Belum
lah, buat apa dipikir.
D.
Aku
juga sudah, kan NISN itu sangat penting
Jawaban
B
-
Jawaban
Nonik harus sesuai dengan pertanyaan Vivi dan melihat ucapan Nonik pada dialog
yang terakhir
7.
Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu
-
Menyusun kalimat-kalimat acak
menjadi sebuah petunjuk penggunaan sesuatu.
Contoh Soal:
Petunjuk
Penggunaan Kipas Angin
1)
Tekan tombol untuk menentukan arah yang diinginkan
2)
Pasang steker pada stopkontak
3)
Periksa menu tombol
4)
Tekan tombol kecepatan sesuai yang diinginkan
Urutan
yang tepat petunjuk penggunaan kipas angin tersebut adalah . . .
A. 2 – 3 – 4 – 1
B.
2
– 4 – 3 – 1
C.
2
– 3 – 1 – 4
D.
2
– 1 – 4 – 3
Jawaban
A
-
Sesuai dengan cara menggunakankipas
angin.
8.
Melengkapi teks petunjuk melakukan sesuatu
-
Melengkapi teks petunjuk melakukan
sesuatu dengan memperhatikan langkah-langkahnya.
Contoh
soal:
Bacalah petunjuk
berikut ini!
(1) ….
(2) Usapkan dengan ujung jari ke kulit wajah dan leher yang bersih.
(3) Ratakan pelembab di kulit wajah dan leher dengan telapak tangan.
(4) Pijat kulit dengan lembut
hingga terserap seluruhnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk
di atas adalah . . . .
A. Tuangkan
pelembab ke ujung jari secukupnya.
B.
Pilih pelembab yang sesuai
dengan jenis kulitmu.
C.
Buka tutup botol pelembab.
D.
Simpan pelembab di tempat yang
sejuk.
Jawaban A
-
benda yang diratakan ke kulit wajah
dan leher adalah pelembab. Sebelum diusapkan, pelembab dituangkan terlebih
dahulu ke telapak tangan/ jari.
9.
Menyusun kalimat-kalimat cara membuat sesuatu
-
Menyusun kalimat-kalimat acak
menjadi sebuah petunjuk membuat sesuatu.
Perhatikan petunjuk pembuatan celengan dari
bambu!
1)
Buatlah lubang
kira-kira 5x1 cm di bagian atas!
2)
Potonglah satu ruas
bambu atau lebih!
3)
Warnailah bambu
yang sudah halus itu dengan cat.
4)
Haluskan permukaan
bambu dengan menggunakan ampelas.
Urutan petunjuk pembuatan celengan yang tepat adalah....
A.
|
1, 3, 2, 4
|
B.
|
2, 1, 3, 4
|
C.
|
2, 1, 4, 3
|
D.
|
2, 3, 1, 4
|
Jawaban
B
-
Sesuai dengan langkah-langkah
membuat celengan.
10.
Melengkapi paragraf dengan kalimat
-
Dalam melengkapi paragraf dengan
kalimat harus memperhatikan koherensi antarkalimat. Kalimat satu dengan kalimat
yang yang lain saling berhubungan dan mendukung satu ide pokok.
Contoh
soal:
Pengendara
dan polisi lalu lintas memiliki tanggung jawab menjaga ketertiban berlalu
lintas. Para pengendara wajib mematuhi
peraturan lalu lintas….. Jadi, pengendara
harus mematuhi aturan agar tidak ditilang.
Kalimat
tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….
A.
Polisi
lalu lintas bersiap-siap menjaga pos polisi
B.
Pengendara
sering menerobos rambu-rambu lalu lintas.
C.
Polisi
lalu lintas akan mendisiplinkan pengendara ugal-ugalan.
D. Polisi lalu lintas akan menilang pengendara yang melanggar
rambu-rambu lalu lintas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar